Sabtu, 25 Januari 2014

Baidewe, kemaren ceritanya di Part 1 sampe mana ya? Oh yes, sampe TKI yang tergiur kerja karena gaji di Malaysia setara sama gaji PNS disini ya. Mereka pengen jadi TKI karena duit loh, bukan karena ngikutin trend hehe…
Besoknya, pagi-pagi aku udah mandi biar bisa jalan-jalan. Padahal kalo di rumah, aku biasanya mandi pagi sekitar jam 2 siang. Skiiippp…aku langsung pergi ke Pasar India, suasana pasar disana lumayan ramai, kebetulan aku lagi nyari sepatu futsal. Karena pepatah selalu bilang “malu bertanya, sesat dijalan” jadi dengan berat hati aku nanya sama bapak-bapak India yang berewoknya sebadan-badan.

“Excuse me encek (re: paman), saye numpang tanya boleh” tanyaku dengan bimbang
“Oh boleh, mao nanya ape?” doi jawab sambil ngelus jenggotnya
“Gini ncek, saye mao nanya toko jual sepatu futsal dimane ye?” sambil menoleh kiri-kanan
“Toko? Sepatu?” dia menjawab dengan wajah bingung
“Toko sepatu, ncek” aku sambil nunjuk toko lalu nunjuk sepatu
“Oohh..kedai kasot!” dengan wajah senang seakan berhasil menyelesaikan TT S
“Haa…iye ncek, dimane tu kedai kasot?” sambil ngelus jenggot Bapak India itu
“Luros, nanti ade tandas umum (re: toilet umum) pusing kanan (re: putar kanan) haa disitu kedainye” sambil membelokkan jari-jarinya
“Oohh gitu, makaseh ye ncek” jawabku

Begitulah perbincangan absurd-ku dengan bapak-bapak india yang berewokannya sebadan-badan. Setelah mengikuti pedoman bapak itu, akhirnya aku sampe di toko yang dimaksud. Kemudain aku liat-liat isi toko itu, gak sengaja ngeliat jersey Manchester United, kebetulan aku fans-nya Manchester United. Eh ternyata itu jersey made in Indonesia, ngehek nih. Tapi biarpun kesal, tapi aku bangga, berarti kualitas industry Indonesia lebih baik dari mereka.

Malamnya aku pergi ke Kuching Waterfront, tapi sebelumnya aku menyempatkan diri buat ngopi dulu di Starbucks Plaza Merdeka. Tapi ya dibungkus, soalnya kalo nongkrong sendirian disana takut dikira psychopat yang nyasar.
Hot Coffee Americano


Kemudian aku lanjut jalan kaki ke Kuching Waterfront, tempatnya mirip Alun-alun Kapuas yang ada di Pontianak. Tapi ya sekali lagi, kebersihan tempatnya jauh dibanding Alun-alun Kapuas. Pemandangan disana juga indah, gedung-gedung disana bentuknya elegan dan unik. Terutam gedung DPR-nya mereka, bentuk yang khas kayak bentuk gedung di Eropa.

Gedung DPR-nya Kuching
FYI, selama perjalanan yang barusan aku ceritakan, itu aku perginya sendiri lohh. Keren kan? Hahaha….bukan keren sih sebenarnya, lebih cocok dibilang nekat. Oh iya, waktu di Kuching Waterfront , bukan cuma pemandang sungai dan gedung. Tapi disana juga banyak bule-bule yang keluyuran. Pokoknya, kalo udah sekali kesana, pasti pengen kesana lagi.

Kemudian aku pergi ke Damai Beach, jaraknya lumayan jauh dari Kota Kuching, sekitar 2 jam perjalanan. Kalo gak salah, nama daerahnya itu Sentubong. Setelah 2 jam nahan pup di mobil travel, akhirnya sampai juga di Damai Beach. Biaya masuk per orangnya 3 RM, lumayan murahlah. Pantainya sih gak terlalu bagus-bagus, tapi pemandangan “bule ber-bikini” membuat tempat ini memang cocok disebut Damai Beach, soalnya liat bule Cuma pake bikini itu bikin hati jadi damai hahaha…bukan cuma bule yang berenang  pake bikini, tapi semua cewek diwajibkan berenang dengan bikini, kecuali yang beragama Islam. Mengapa? Karena disana hukumnya pake hukum Syariat Islam, gak  boleh buka-buka aurat, haraaamm…

Damai Beach

Setelah dari pantai, kami lanjut ke Museum Kuching. Disana banyak patung-patung kucing, tapi aku lupa biaya masuknya berapa. Museum Kucing itu terletak di daerah dataran tinggi semacam bukit gitu, jadi dari sana kita bisa lihat pemandangan kota dengan jelas tanpa hambatan bikini bule-bule….sorry, aku masih kebayang sama kutang warna-warni yang dipake si bule blonde. Seperti kebanyakan manusia normal, kami sekeluarga (kecuali kakak aku yang sendirian di rumah) foto-foto ngeksis di Museum Kucing.

Ini bukan foto Keluarga Cemara

Setelah puas berkeliling, besoknya pun kami harus packing dan pulang. Emang sih belum puas liburannya, tapi karena besoknya udah bulan puasa jadi harus pulang. Seindah apapun kota orang, lebih indah suasana bulan puasa di kota sendiri. 

Buat kalian yang ada di Pontianak dan sekitarnya, mendingan liburan ke Kuching aja deh. Kenapa? Bukannya aku gak suka atau gak pengen liburan di negara sendiri, tapi kalo dari Pontianak ke Kuching itu lebih murah dibanding ke daerah wisata yang ada di Jawa, Bali atau Lombok.

Thank you ya udah baca, jangan lupa coment-nya dan kritiknya biar aku makin rajin nge-blog hehe….

Post a Comment: