Senin, 03 Maret 2014


Halo, aku balik lagi. Baidewe, kalian pasti pernah shoping kan? Apalagi cewek, pasti hobi sekali sama hal yang satu ini. Tapi gak semua orang bisa mengambil pelajaran dari shoping (khususnya baju), disadari atau enggak, saat kita milih baju buat dibeli dan dipake itu sebenarnya seperti kita milih pasangan. Why? Mari lihat secara tajam dari sisi berbeda…setajam silet!


Gak mungkin suatu butik atau distro cuma punya satu jenis baju, pasti ada banyak pilihan. Mulai dari warna, motif gambar, ukuran dan harga. Dari banyak baju yang kita pilih, pasti ada yang kita taksir. Kemudian kita bawa baju itu ke fitting room buat dicoba, kadang ukurannya pas, kadang juga motifnya kita suka tapi ukurannya kekecilan atau kebesaran mungkin juga harganya kemahalan. Lalu kita keluar, nanya sama penjaga butik atau distro “yang ini ada ukuran lain gak?”. Jawabannya juga pake “kadang-kadang”, kadang ada, kadang juga udah sisa itu doang.

Kecewa, padahal udah naksir abis sama baju itu. Eh malah gak ada ukuran yang pas,gak ada yang cocok (mungkin harganya),  kadang kita merasa “malas ah nyari baju lagi, nanti aja deh sekarang aku udah capek buat mutar-mutar nyari baju”. Ada juga sebagian dari kita yang lanjut nyari sampe ketemu baju yang dia cari.

Sebagian dari kita pasti  pernah beli baju, bajunya sih cocok buat kita tapi agak sempit. Karena baju itu udah lama kita cari, jadi kita beli biarpun sebenarnya agak sempit. Waktu baru dibeli, kita pake terus. Baju itu jadi baju favorit kita, tapi setelah lama dipake, akhirnya baru terasa kalo baju itu sebenarnya sempit, baru terasa kalo baju itu ngebuat kita merasa gak enak saat dipake. Lalu baju itu cuma jadi penghuni tetap di lemari, dan (mungkin) gak pernah kita pake lagi karena sempit. Itulah akibat saat berada di fitting room, kita terlalu sering kalah dengan yang namanya rasa “gegabah dan nafsu birahi”.

Dari proses membeli baju, kita semestinya bisa belajar cara “memilih” yang baik supaya dapat yang benar-benar pas buat kita dan bisa membuat kita merasa nyaman.

Dari beberapa hal diatas, keadaannya mirip saat kita menjalani proses; memilih-kenalan-pdkt-pacaran. Begitu banyak pilihan, tapi kita cuma punya beberapa kriteria yang kita idamkan. Disaat proses kenalan (menuju PDKT) disadari atau tidak, kita sebenarnya sedang berada di “Fitting Room” . Kadang kita udah ngerasa “cocok”, padahal rasa cocok itu karena kita terlalu gegabah. Hasil dari gegabah, hubungan pun gak bisa bertahan lama sesuai dengan keinginan kita. Hubungan itu pun hanya menjadi penghuni lemari yang penuh kenangan.

Faktor eksternal juga sering kali mempengaruhi kita dalam memilih. Kita sering meminta pendapat dari teman atau sahabat yang kita anggap bisa dipercaya, walaupun itu bukan hal yang salah. Akan menjadi keputusan yang SALAH bila kita lupa dengan faktor internal (diri kita sendiri). Padahal kan kita yang menjalani, mereka hanya melihat dari sisi luar tanpa memahami sepenuhnya dari sisi internal kita.


Jadi, jangan sampe salah memilih ya teman-teman semuanya…oh iya, maaf kalo tulisan aku masih jelek. Postingan kali ini hasil dari perbincangan (yang awalnya cuma racauan) aku sama @asripratamia . Buat yang punya pengalaman mirip dengan postingan ini, silahkan curcol di kolom komentar J

Post a Comment: