Sabtu, 01 Maret 2014


“I write because I don’t know what I think until I read what I say”.  Itu salah satu kutipan dari Flannery O’connor. Emang sih, kadang kebanyakan orang nulis karena dia gak bisa mengerti apa yang dipikirkannya. Aku juga termasuk dari kebanyakan orang itu, biarpun niat awal aku nulis cuma sekedar hobi aja, gak salahkan menyalurkan hobi selama hobi kita itu hal-hal yang positif. Kecuali punya hobi ngoleksi cabe-cabean, mendingan jangan disalurkan deh.


Semakin hari aku semakin rajin baca, mulai dari baca buku sampe baca blog-blog orang. Tapi aku sama sekali gak berani baca (kepoin) Timeline mantan, nanti malah nyesek. Niat aku sih sederhana, pengen nambah ilmu dalam hal menulis, ya minimal nambah wawasan lah.

Karena kebanyakan baca quotes tentang menulis, motivasi buat nulis jadi semakin menggila. Mungkinkah ini yang namanya terobsesi? Iri juga sih ngeliat para penulis yang sukses, aku juga pengen kayak mereka. Mereka aja bisa, aku juga pasti bisa dan harus bisa. Kebanyakan orang menanganggap orang suka menulis itu cengeng dan lainnya. Tapi yang aku heran, kenapa mereka yang merasa tangguh malah jadi cupu waktu disuruh nulis.

Kita terlalu banyak mengurusi masalah orang lain, itulah yang membuat kreativitas kita jadi menurun. Aku selalu mencoba membuat cara pandang sendiri saat melihat dunia, tanpa terlalu ikut campur dengan kehidupan orang lain.

Aku menulis juga karena aku punya cerita buat ditulis, semua orang pasti punya cerita masing-masing, tapi gak semua orang punya niat pengen nulis cerita tentangnya. Kalo bukan aku yang nulis tentang aku, siapa lagi? Lah ini kayak iklan….


Kadang bikin puisi, cerpen (masih belajar), malahan biasanya cuma coret-coret blog dengan segala racauan yang pengen aku tuliskan. Aku masih terlalu hijau, masih butuh banyak ilmu, masih harus rajin membaca, supaya semakin matang dengan hobiku yang satu ini.

Minimal nanti misalnya anak aku nanya “dulu bapak pacaran pertama kali kayak gimana?” jadi aku bisa jawab “coba deh liat di blog bapak, disitu banyak cerita bapak waktu masih playboy muda”. Keren kan? Semoga aja beberapa puluh tahun nanti, blog belum musnah dari dunia per-internetan.

Post a Comment: