Sabtu, 22 Februari 2014

Seperti biasa, sebelum sampe di rumah aku singgah dulu di mini market dekat rumah aku buat beli rokok. Waktu itu aku pulang sekitar hampir tengah malam. Untungnya mini market dekat rumah aku buka 24 jam. Tapi kali ini aku bukan ngebahas tentang mini market yang bisa-bisanya buka 24 jam. Aku mau ngebahas tentang “Reuni dan pintu menuju ruang masa lalu kembali”.

Semua orang pasti pernah reunian sama temannya, mulai dari teman SMA, SMP, SD bahkan mungkin teman waktu masih PAUD. Selama di jalan pulang dari reunian sama teman-teman SMP, aku berpikir “kok setiap ketemu bahasan reuninya itu melulu ya, tapi kok kami gak pernah bosan ngebahas hal-hal itu melulu”. 

Pas sampe di rumah, langsung aku ambil laptop dan lanjut buat postingan baru. Kenapa gak nunggu besok? Karena menurut aku, tidur itu bisa sedikit mengurangi sedikit ingatan kita.

Seperti reuni pada umumnya, kami janjian di suatu tempat. Saat aku sampai di tempat yang udah disepakati, aku langsung ngeliat wajah-wajah yang tak asing dalam ingatan aku. Secara alaminya, pikiran aku seakan langsung berada di depan pintu sebuah ruangan.

Kami mulai menanyakan hal-hal yang pada umumnya dibicarakan saat ketemu teman lama. Misalnya….

“Eh kok kamu sekarang jadi kurusan sih?”

“Makin gondrong aja tuh rambut”

“Wahh…sekarang udah putihan ya, perawatan dimana?”

“Sekarang pacaran sama siapa?”

“Masih sama yang lama atau udah sama yang baru atau malahan masih gagal move on?”

“Gak bosan bro jomblo karatan?”

Dan pertanyaan-pertanyaan ngehek lainnya, yang pernah reunian pasti tau pertanyaan yang lainnya itu kayak gimana hehe…

Saat mulai berbincang dengan teman-teman lama yang udah lumayan jarang ketemu, pikiran aku mulai membuka pintu lalu menuju sebuah ruangan yang isinya penuh dengan cerita masa lalu. Mulai dari hal-hal konyol, hal yang menyedihkan, sampe hal yang setiap reunian wajib mesti harus selalu dibahas. Biasanya sih hal yang kayak gitu berbau tentang mantan, dan biasanya lagi lebih berbau hal pacaran sama mantan yang konyol yang justru lebih dipilih buat diungkit.

Biarpun udah lama gak ketemu, pasti selalu ada aja kebiasan yang belum hilang dari zaman SMP. Cara bicara, intonasi ketawa dan ekspresi wajah saat ketawa. Aku yakin itu gak bakal berubah, kecuali teman kita itu operasi plastik dan service nada suara ketawa yang indah merdu syahdu kayak suara Fatin.

Kadang waktu saat reuni terasa berlari, tiba-tiba udah tengah malam aja, padahal sebenarnya masih banyak masa lalu yang belum sempat buat kita ketawakan bersama. Tapi itulah indahnya reuni, kita mulai membuka pintu masa lalu menuju ruangan yang dimana isinya semua cerita masa lalu yang pernah kita alami bersama, kemudian membuka pintu lagi dan kembali ke tempat dimana kita semestinya berada.

Post a Comment: